Arianifajar's Blog

Just another WordPress.com weblog

Manfaat Buah dan Sayur September 14, 2009

Filed under: Uncategorized — arianifajar @ 4:03 am

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, warna-warna sayur dan buah juga dapat membantu menciptakan emosi (mood).

  • Merah

Ketika sedang merasa lelah dan kurang semangat, cobalah mengonsumsi bahan pangan dari kelompok warna merah yang kaya energi. Sebaliknya, hindari bahan pangan kelompok merah jika emosi negatif sedang tinggi atau sedang ingin relaks. Contoh bahan pangan kelompok merah adalah stroberi, tomat, paprika merah, dan bit.

  • Jingga
    Ketika sedang kekurangan energi, tertekan, bimbang atau menemui hambatan, konsumsilah bahan pangan dari kelompok warna jingga yang menimbulkan aura sukacita.
    Contoh bahan pangan kelompok kuning adalah pisang, nanas, timun suri, blewah, kesemek, labu kuning, paprika kuning, dan singkong mentega.
  • Hijau
    Ketika sedang cemas, gelisah, dan khawatir, tenangkan diri dengan mengonsumsi bahan pangan berwarna hijau. Contoh bahan pangan kelompok hijau adalah apel hijau, kiwi, avokad, asparagus, bayam, brokoli, dan selada.
  • Biru
    Usir rasa lelah dan khawatir dengan bahan pangan warna biru yang dapat mengembalikan rasa nyaman. Mengonsumsi bahan pangan berwarna biru sama dengan melakukan relaksasi.
    Contoh bahan pangan warna biru memang sedikit, diantaranya spirulina. Warna hijau pada spirulina disebabkan oleh kandungan pigmen klorofil, sedangkan warna birunya dari pigmen phycocyanin.
  • Ungu
    Ketika sedang membutuhkan motivasi dan ingin mewujudkan suatu keinginan, pilihlah bahan pangan berwarna ungu karena warna ini dapat membakar semangat.
    Contoh bahan pangan kelompok warna ungu adalah anggur, jamblang, aneka jenis beri, markisa medan, terung ungu, kol ungu, paprika ungu, dan bawang merah.

2. Kecerdasan Otak

Sayur-mayur mutlak harus ada dalam menu makanan. Selain sebagai sumber serat, sayur punya peranan tersendiri dalam membangun otak yang cerdas, terutama untuk anak-anak. Tapi, sayur seperti apa yang harus ada dalam menu harian si kecil?

Sayur dan buah berwarna alami kuning, merah, dan hijau mengandung zat gizi yang penting untuk kesehatan otak. Buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi anak dan balita:

  • Paprika merah, warna merahnya disebabkan kandungan betakaroten yang sangat tinggi.
  • Bawang bombay, warna kuning berasal dari antoxantin, pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat radikal bebas.
  • Brokoli, kaya akan betakaroten, yang juga terdapat dalam wortel.
  • Bit, warna ungunya disebabkan karena antosianid, yang dapat melindungi membran otak.
  • Tomat, warna orange kemerahan pada buah ini disebabkan karena antioksidan dan likopen, yang berfungsi untuk melindungi membran otak.
  • Wortel, warna jingganya berasal dari betakaroten, zat yang menjadi cikal bakal terbentuknya vitamin A.
  • Sayuran hijau dan bayam, mengandung betakaroten dan mineral kalsium.
  • Alpukat, juga mengandung betakaroten, vitamin C dan E. Buah ini juga kaya akan kandungan lemak tidak jenuh.
  • Jambu biji, merupakan sumber vitamin C yang tinggi.
  • Pepaya, mengandung vitamin C tinggi dan enzim papain untuk mencerna protein.

Sumber: KOMPAS.com

Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s